Tidak tahan ujian bila diuji dengan kenikmatan

Ini adalah sebuah gambaran kisah seorang manusia, yang pada awalnya diberi kesempitan harta namun kemudian diuji oleh Allah dengan kelimpahan harta.

Berawal dari seorang sahabat rasululloh  yang bernama Saklabah bin Rabbah, ia rajin beribadah kepada Allah, rajin ikut berjamaah di masjid. Perbuatan ini selalu diamati oleh shabat yang lain, bahkan Rosululloh pun mengamati hal ini.

Suatu ketika ada sahabat yang akan mencoba menyelidiki keadaan Saklabah ini karena walaupun dia rajin beribadah ada sesuatu yang ganjil yang terdapat pada diri seorang saklabah ini. Keanehan pada diri saklabah tatkala ia sehabis sholat shubuh selalu langsung pergi tanpa dzikir terlebih dahulu.

Kemudian sahabat yang lain yang mengamati saklabah ini mencoba membuntuti saklabah saat pulang, ternyata baju yang dikenakan saklabah itu segera bergantian dengan istrinya untuk sholat.

Kemudian hal ini disampaikan kepada Rosulullah, dan meminta kepada Rasululloh untuk mendoakan Saklabah agar di tingkatnya rezekinya, namun Rasululoh tidak mau karena Saklabah lebih baik demikian. namun karena didesak terus maka Rasulullah mengabulkan ia berdoa untuk kesejahteraan Saklabah dan di bekali pula Sakalbah dengan 3 ekor kambing.

Saklabah dengan bekal yang diberikan Raosululloh dapat meningkat kehidupanya, dan menjadi orang yang kaya raya, dan akhirnya Saklabahpun lupa dengan kewajiban sehari-harinya menjadi hamba yang taat beribadah, para sahabat sudah memperingatkan tetapi akhirnya Saklabah tidak mau diperingatkan. Dan hilanglah kesabaran Rasululloah dan Saklabah diperingatkan oleh Allah dengan jatuh misikin kembali.

Ini adalah gambaran ujian Allah yang diberikan kepada, tinggal bagaimana kita mensikapinya.

Posts created 34

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas